Selamat datang di blog saya...
Semoga menemukan yang anda cari :)

Kamis, 04 September 2014

Customer Genius, Marketing Jenius

Peter Fisk dalam bukunya yang berjudul customer genius membagi customer dalam 10 dimensi:


 


1.      Cutomer vision
Seorang marketer genius harus mempunyai visi tentang pelanggannya. Sebuah visi pastilah harus mempunyai tujuan, dan bersamaan dengan itu marketer juga membangun dan menyesuaikan merek. Visi perusahaan dan merek harus mengalir sejalan dengan kondisi pelanggan.
2.      Customer strategy
Marketer genius harus masuk ke dalam tahap stategi, marketer akan menyususn dan memahami bagaimana segmentasi pelanggannya, dan bagaimana mengelola tiap-tiap
segmen tersebut untuk mendapatkan profit
3.      Cutomer insight
Seorang marketer genius harus mempunyai pengetahuan dan insting yang tajam mengenai pelanggannya. Marketer harus memperkaya insight yang lebih dalam soal pelanggan.


4.      Customer propositions
Marketer genius memahami bagaimana perusahaan bisa mengajukan penawaran kepada pelanggan dengan cara yang tepat dan waktu yang tepat.
5.      Customer solutions
Marketer genius harus bisa memberikan solusi pada pelanggannya.
6.      Customer connections
Marketer genius harus bisa menciptakan dan memanfaatkan koneksi yang ada supaya tercipta kolaborasi dengan pelanggan untuk menemukan solusi yang inovatif.
7.      Customer experiences
Marketer dituntut mampu menciptakan pengalaman yang baik sekaligus unik bagi pelanggan. Pengalaman harus berkesan agar pelanggan bisa melangkah ke tahap selanjutnya seperti pelanggan akan membicarakan produk kepada orang lain, melakukan repeat buying, dan yang paling bagus jika pelanggan menjadi loyal.
8.      Customer service
Marketer harus menguasai bagaimana menyampaikan pelayanan yang benar kepada pelanggan, serta bagaimana pelayanan tersebut bisa di-customised sesuai kebutuhan dan keinginan setiap pelanggan.
9.      Customer relationships
Bagaimna marketer genius menciptakan, menjaga, dan mengelola hubungan (relationship) dengan pelanggannya.

10.  Customer performance
Marketer genius bersama perusahaannya harus bisa mewujudkan performa yang baik dengan terus meningkatkan hal-hal yang bisa memberikan value pada pelanggan. Marketer genius bekerja merubah kepuasan menjadi loyalitas dan merubahnya menjadi revenue dan profit.

Untuk lebig jelas, silahkan baca buku Customer Genius...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar