Peter Fisk dalam bukunya yang berjudul customer genius membagi customer dalam 10 dimensi:

1.
Cutomer
vision
Seorang marketer genius
harus mempunyai visi tentang pelanggannya. Sebuah visi pastilah harus mempunyai
tujuan, dan bersamaan dengan itu marketer juga membangun dan menyesuaikan
merek. Visi perusahaan dan merek harus mengalir sejalan dengan kondisi
pelanggan.
2.
Customer
strategy
Marketer genius harus
masuk ke dalam tahap stategi, marketer akan menyususn dan memahami bagaimana
segmentasi pelanggannya, dan bagaimana mengelola tiap-tiap
segmen tersebut
untuk mendapatkan profit
3.
Cutomer
insight
Seorang marketer genius
harus mempunyai pengetahuan dan insting yang tajam mengenai pelanggannya.
Marketer harus memperkaya insight
yang lebih dalam soal pelanggan.
4.
Customer
propositions
Marketer genius
memahami bagaimana perusahaan bisa mengajukan penawaran kepada pelanggan dengan
cara yang tepat dan waktu yang tepat.
5.
Customer
solutions
Marketer genius harus
bisa memberikan solusi pada pelanggannya.
6.
Customer
connections
Marketer genius harus
bisa menciptakan dan memanfaatkan koneksi yang ada supaya tercipta kolaborasi
dengan pelanggan untuk menemukan solusi yang inovatif.
7.
Customer
experiences
Marketer dituntut mampu
menciptakan pengalaman yang baik sekaligus unik bagi pelanggan. Pengalaman
harus berkesan agar pelanggan bisa melangkah ke tahap selanjutnya seperti
pelanggan akan membicarakan produk kepada orang lain, melakukan repeat buying, dan yang paling bagus
jika pelanggan menjadi loyal.
8.
Customer
service
Marketer harus
menguasai bagaimana menyampaikan pelayanan yang benar kepada pelanggan, serta
bagaimana pelayanan tersebut bisa di-customised
sesuai kebutuhan dan keinginan setiap pelanggan.
9.
Customer
relationships
Bagaimna marketer
genius menciptakan, menjaga, dan mengelola hubungan (relationship) dengan pelanggannya.
10. Customer performance
Marketer genius bersama
perusahaannya harus bisa mewujudkan performa yang baik dengan terus
meningkatkan hal-hal yang bisa memberikan value
pada pelanggan. Marketer genius bekerja merubah kepuasan menjadi loyalitas dan
merubahnya menjadi revenue dan
profit.
Untuk lebig jelas, silahkan baca buku Customer Genius...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar